You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rancakole
Desa Rancakole

Kec. Arjasari, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Rancakole Kecamatan Arjasari | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB | Datang Ke Kantor Desa Rancakole Kecamatan Arjasari, Pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda terdaftar di Sistem Informasi Desa.

Launching Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) & Kegiatan Peduli Penyakit Tdk Menular (PTM) Desa Rancakole

Administrator 25 Juni 2019 Dibaca 730 Kali
Launching Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) & Kegiatan Peduli Penyakit Tdk Menular (PTM) Desa Rancakole

Launching Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) sekaligus Kegiatan Peduli Penyakit tidak Menular (PTM) Desa Rancakole

Selasa, 25 Juni 2019

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. 

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas. Harapan dari adanya Posbindu yaitu agar bisa menanggulangi beberapa penyakit yang ada di masyarakat. Karena seringkali warga tidak mengetahui jika dirinya mengidap penyakit tertentu. “Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat megetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi lebih parah.

Beberapa waktu lalu Dinkes melakukan screening kepada 1.174 orang karyawan Pemkab Bandung. Berdasarkan hasil pemeriksaan factor resiko PTM ditemukan hypertensi 20,19%, Gula darah tinggi 38,25%, Kholesterol tinggi 16,95n obesitas 41,91%

PTM yang menjadi penyebab kematian utama adalah stroke dengan resiko 21%, yang keduanya penyakit jantung 12,9%, kemudian ketiganya komplikasi diabetes mellitus dengan hipertensi yang menyebabkan gagal ginjal dan PTM mematikan terakhir adalah kanker.

 

“Hidup itu pilihan, tapi sehat adalah keharusan dalam menjalani kehidupan. 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image